Saturday 27 June 2020

Fisip Unfari-KNPI Dorong Terus Kampus Pemuda


oleh Tom Finaldin


Bandung, Putera Sang Surya
Setelah berhasil melaksanakan sosialisasi Kampus Pemuda yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Al Ghifari dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia pada Senin, 22 Juni 2020, bertempat di Kampus 3 Universitas Al Ghifari, Jln. A.H. Nasution No. 247, sosialisasi tersebut kembali dilaksanakan pada Sabtu, 27 Juni 2020. Acara tersebut digelar di tempat yang sama dengan peserta yang berbeda tentunya.





            Acara kali ini disebut sosialisasi gelombang kedua. Isi acaranya mirip dengan acara pertama, yaitu ada pembukaan, pemaparan dan penjelasan mengenai Program Studi Hubungan Internasional dan Program Studi Administrasi Negara, pemahaman berbagai jenis beasiswa yang difasilitasi oleh Universitas Al Ghifari (Unfari), dan panduan langsung untuk mendaftarkan diri menjadi mahasiswa Fisip, Hubungan Internasional (HI) dan Administrasi Negara (AN).

            Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Dina memberikan semangat agar para pemuda tetap kuat niat untuk melanjutkan pendidikannya. Sementara itu, Imam dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengamini apa yang disampaikan Dina bahwa permasalahan untuk melanjutkan pendidikan itu lebih banyak akibat dari permasalahan yang ada di dalam diri calon mahasiswa sendiri, misalnya, lokasi rumah yang jauh, lelah, kurang uang, dan sebagainya. Menurutnya, masalah-masalah itu dapat diatasi dengan menguatkan tekad dan bersama-sama dengan KNPI untuk mencari jalan keluar.

            Adapun Asep Komarudin dari KNPI menjelaskan bahwa kerja sama Fisip Unfari-KNPI adalah untuk meningkatkan pendidikan sumber daya manusia di Jawa Barat. Jika pendidikan meningkat, IPM pun meningkat. Artinya, kesejahteraan masyarakat akan terdorong lebih meningkat.


            Acara selanjutnya dipimpin Sekprodi AN Iin untuk menjelaskan mengenai Program Studi HI dan AN. Penjelasan Program Studi (Prodi) HI, dipimpin oleh Kaprodi HI Tom Finaldin yang memaparkan secara singkat apa itu yang dimaksud Hubungan Internasional. Penjelasan difokuskan pada tujuan agar masyarakat mengerti dan berani mempelajari HI. Hal itu disebabkan banyak masyarakat yang tidak memilih HI karena tidak memahami apa itu HI. Adapun penjelasan HI yang lebih rinci disampaikan Sekprodi HI Henike Primawanti. Hal itu meliputi apa saja yang dipelajari di Prodi HI dan ruang lingkup kerja lulusan HI, baik yang bersifat nasional maupun internasional.


            Penjelasan tentang Prodi AN dipimpin oleh Kaprodi AN Ridwan Caesar yang dengan jelas dan gamblang berikut gambaran lulusan-lulusan Universitas Al Ghifari yang telah bekerja pada berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta. Di samping itu, Caesar menjelaskan pula alur-alur untuk mendapatkan berbagai beasiswa yang difasilitasi oleh Universitas Al Ghifari.


            Pada akhir acara, para pemuda KNPI dipandu langsung untuk mendaftarkan diri menjadi mahasiswa Fisip, Unfari. Mereka dipandu oleh para staf Fisip, Unfari. Sebagaimana acara sosialisasi gelombang pertama, mereka memilih sesuai keinginannya masing-masing untuk kemudian mendaftarkan diri menjadi mahasiswa HI atau AN.
            Semoga kerja sama ini berhasil dengan baik hingga mereka lulus menjadi sarjana yang bermanfaat bagi masyarakat. “Khoerunnas anfauhum linnas”, ‘Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya’.

            Mudah-mudahan Allah swt meridhoi kerja sama Fisip, Unfari-KNPI. Amin.

            Sampurasun.

No comments:

Post a Comment