Tuesday 8 August 2023

Katanya Rocky Gerung Cerdas, Tol Saja Tidak Tahu

 

oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Saya hanya kasihan sama rakyat yang bisa dengan mudah disesatkan atau dibodohi oleh kata-kata Rocky Gerung. Hal itu disebabkan Rocky memang awalnya dikemas Karni Ilyas untuk membuat jumlah penonton Indonesia Lawyers Club (ILC) di tvOne meningkat tajam. Kalau soal pengetahuannya, sebetulnya biasa-biasa saja. Malah banyak yang ngaco. Dia sendiri kan sudah diberhentikan menjadi dosen UI karena pendidikannya tidak mencukupi untuk menjadi syarat sebagai dosen. Dengar-dengar, dia tidak lulus kuliah.

            Seringnya, saya pengen ketawa melihat Rocky itu, lucu soalnya. Kelihatannya cerdas, padahal ngawur. Video yang baru-baru ini pun bikin saya geli. Dia bilang seharusnya jalan Tol itu gratisan dan rakyat tidak perlu bayar untuk menggunakan jalan Tol. Saya tidak tahu apakah Rocky beneran tidak paham tentang Tol atau memang dia hanya membodohi rakyat sehingga rakyat emosi dan menganggapnya sebagai pahlawan pemberani pengkritik pemerintah.

            Saya kasih tahu ya bahwa untuk menggunakan jalan Tol itu tidak mungkin gratis. Namanya saja sudah Tol yang merupakan singkatan dari “tax on location”. Artinya, harus membayar pajak secara langsung ketika menggunakan jalan itu yang berupa tarif dengan jumlah yang ditentukan. Kalau gratisan, namanya harus berubah, bukan Tol lagi. Kalau menggunakan jalan Tol, sudah pasti harus bayar. Kalau tidak punya uang untuk membayarnya, gunakan jalan yang gratisan, kan jumlahnya lebih banyak, apalagi jalan yang dibangun baru sekarang itu banyak yang jauh lebih lebar dibandingkan dengan jalan yang merupakan warisan kolonial Belanda. Kita bisa gunakan jalan protokoler, reguler, by pass, fly over, dan jalan-jalan lain yang pajaknya atau tarifnya tidak dibayar langsung saat itu juga. Pajak yang digunakan untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan biasa itu kan bisa berasal dari pembayaran STNK, BPKB, atau pendapatan pemerintah lainnya. Kalau Tol, ya harus saat itu juga.

            Begitu, Bro n Sis.

            Paham, ya.

            Saya bisa salah. Akan tetapi, Rocky Gerung itu lucu, lumayan, buat cekikikan sendiri.

            Sampurasun.

No comments:

Post a Comment