Thursday 20 August 2020

Tingkatan Gejala Sosial

 

oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Menurut Norman Blaike, gejala sosial memiliki tiga tingkatan, yaitu: individu, kelompok, dan kelompok yang lebih besar, bahkan luas secara internasional. Tingkatan-tingkatan tersebut adalah:

            Pertama, gejala sosial mikro. Gejala sosial ini terjadi pada individu-individu yang sering bertemu bertatap muka, berinteraksi secara langsung. Mereka saling terlibat dalam berbagai kegiatannya dan merasakan keterlibatan tersebut dengan lebih dekat dan lebih intim. Biasanya, mereka memiliki sejarah, kebiasaan, dan banyak kesamaan. Keanggotaan masyarakatnya relatif permanen. Hubungan di antara mereka terpola sebagai akibat dari hubungan yang terjadi sehari-hari.

            Kedua, gejala sosial meso. Gejala ini terjadi pada berbagai organisasi, masyarakat, massa, dan gerakan sosial. Kelompok-kelompok ini biasanya besar yang memiliki tujuan bersama dan telah ditetapkan. Organisasi ini  bisa berupa organisasi pemerintah, swasta, bisnis, atau hobi. Sifatnya bisa wajib, bisa sukarela. Bisa paruh waktu atau penuh waktu. Bisa pula dibayar atau tidak dibayar. Waktunya pun bisa untuk jangka pendek, jangka menengah, ataupun jangka panjang. Hal-hal ini merupakan kebijakan organisasi tersebut dan kesepakatan para anggotanya.

            Ketiga,  gejala sosial makro. Gejala ini terjadi dalam entitas yang lebih besar seperti lembaga-lembaga multinasional, transnasional, melewati batas-batas negara, serta melakukan hubungan dengan negara-negara di dunia sesuai dengan kebutuhannya. Contohnya, organisasi kesehatan sedunia, WHO, merupakan organisasi besar dan kuat yang selalu berhubungan dengan organisasi-organisasi dunia dan negara-negara di seluruh dunia.

            Demikian gejala-gejala sosial jika dilihat dari tingkatannya.

            Sampurasun.

 

Sumber Pustaka

Irawan, Hanif; Rahmawati, Farida; Febriyanto, Alfian; Muhammad Kusumantoro, Sri, Sosiologi: Untuk SMA/MA Kelas X Semester 1

Maryati, Kun; Suryawati, Juju, 2013, Sosiologi: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial; untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment