Sunday 30 August 2020

Peran Para Sosiolog

 


oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Orang-orang ahli dalam bidang sosiologi disebut sosiolog. Para sosiolog memiliki peran penting dalam pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara. Berikut peran para sosiolog:

            Pertama, sosiolog sebagai ahli riset. Para sosiolog memiliki fokus pada kehidupan masyarakat. Mereka mencari data, fakta, dan melakukan penelitian tentang masyarakat. Hasil dari penelitian mereka berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pengambilan kebijakan untuk mengatur dan menyelesaikan berbagai masalah di masyarakat.

            Penelitian yang dilakukan para sosiolog akan memunculkan kebenaran dan meluruskan berbagai kekeliruan di masyarakat. Para sosiolog berkewajiban memberikan informasi yang ilmiah, objektif, dan rasional. Ilmu sosiologi harus dapat dicerna oleh akal dan tidak mendasarkan dirinya pada hal-hal yang tidak rasional, semacam keyakinan-keyakinan dan hal-hal gaib.

            Kedua, sosiolog sebagai konsultan kebijakan. Pemerintah selalu mengambil kebijakan untuk mengatur dan menyelesaikan permasalahan di masyarakat. Akan tetapi, tidak jarang kebijakannya tidak menguntungkan atau tidak diterima oleh masyarakat. Tujuan mengambil kebijakan adalah untuk kebaikan masyarakat dan berpengaruh positif. Akan tetapi, ternyata dalam kehidupan sehari-hari kebijakan itu justru tidak mencapai hasil yang diinginkan. Oleh sebab itulah, diperlukan peranan para sosiolog untuk dapat lebih menyelaraskan kebijakan agar benar-benar diterima dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

            Bisa terjadi bahwa bagi pemerintah mendirikan sekolah adalah hal yang sangat penting, tetapi bagi masyarakat kebutuhan kesehatan jauh lebih penting dibandingkan pendidikan. Dalam kasus seperti ini, para sosiolog harus melakukan penelitian, apakah sekolahan dulu yang dibangun atau Puskesmas. Hasil penelitian para sosiolog akan menjadi dasar pertimbangan bagi pemerintah untuk mengambil keputusan dan melakukan pembangunan.

            Ketiga, sosiolog sebagai praktisi. Banyak sosiolog yang terlibat langsung dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan masyarakat. Mereka terjun langsung di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan saran dan menyelesaikan masalah agar hubungan masyarakat, hubungan karyawan, hubungan pemerintah, hubungan kelompok masyarakat dapat berjalan baik.

            Ketika para sosiolog langsung praktik di tengah masyarakat, mereka berfungsi sebagai ilmuwan terapan (applied scientist). Mereka dituntut menggunakan ilmu pengetahuannya untuk memperhatikan nilai-nilai bangsa, masyarakat, adat, dan agama agar pembangunan dapat berjalan lancar, efektif, efisien, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

            Keempat, sosiolog sebagai pendidik. Para sosiolog adapula yang berperan sebagai pendidik, seperti, guru dan dosen. Mereka mengajarkan ilmu-ilmu sosiologi kepada para muridnya agar ilmu sosiologi berkembang dan memberikan   berbagai contoh yang kekinian. Dengan demikian, para muridnya dapat terus mempelajari dan mengembangkan ilmu sosiologi sehingga semakin bermanfaat bagi dirinya, keluarganya, dan masyarakat luas.

            Demikian beberapa peran para sosiolog.

            Sampurasun

 

Sumber Pustaka

Irawan, Hanif; Rahmawati, Farida; Febriyanto, Alfian; Muhammad Kusumantoro, Sri, Sosiologi: Untuk SMA/MA Kelas X Semester 1

Maryati, Kun; Suryawati, Juju, 2013, Sosiologi: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial; untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment