Monday 17 August 2020

Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional

 

oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Seluruh negara menghitung pendapatan nasionalnya masing-masing. Di samping itu, ada pula negara yang menghitung pendapatan negara lain untuk kepentingan politik atau ekonomi.

            Beberapa manfaat perhitungan pendapatan ini adalah sebagaimana yang ditulis Alam S. (2016):

            Pertama, menganalisis perkembangan pendapatan dari tahun ke  tahun. Suatu negara yang dihitung pendapatan nasionalnya akan mengetahui perkembangannya dengan lebih pasti dari tahun ke tahun.

            Kedua, mengetahui struktur perekonomian suatu negara, apakah termasuk ke dalam negara agraris atau negara industri. Dengan menghitung pendapatan nasional, suatu negara akan memahami dirinya bahwa pendapatan yang dihasilkannya berasal dari perkebunan, pertanian, pertanian, atau industri dan pabrik.

            Ketiga, mengetahui kemajuan suatu negara dalam mencapai kemakmuran. Jika pendapatan nasional suatu negara tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan negara lain, negara tersebut bisa dikatakan makmur. Jika sebaliknya, pendapatannya rendah, bahkan lebih rendah dibandingkan negara lain, negara tersebut dapat dikatakan sedang berkembang atau malah miskin.

            Keempat, dengan memahami pendapatan nasional, pemerintah negara tersebut memiliki pengetahuan untuk melakukan kebijakan-kebijakan ekonomi bagi negaranya. Kebijakan itu bisa meliputi upaya untuk mendorong ekonomi rakyatnya dan bisa pula untuk melakukan hubungan bisnis dengan negara lainnya.

            Demikian sekelumit dari manfaat perhitungan pendapatan nasional.

            Sampurasun

 

Sumber Pustaka:

Hastyorini, Irim Rismi; Novasari, Yunita; Sari, Kartika; Jawangga, Yan Hanif (editor), Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XI Semester I: Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial, PT Penerbit Intan Pariwara

 

S., Alam, 2016, Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment