Friday 6 March 2015

Mengguncangkan Jiwa Cewek Yahudi-Kristen




oleh Tom Finaldin




Bandung, Putera Sang Surya


Percakapan yang menjurus ke arah perdebatan ini bermula dari komentar saya terhadap video yang berjudul Muslims Are Not Suppossed to Get Mad, But This One Is Raging Out on a Nice Woman in Red! Video ini menayangkan salah satu demonstrasi umat Islam di Inggris yang menuntut pembebasan teman-temannya yang ditahan oleh polisi Inggris. Orang-orang Islam itu berjalan dengan tertib, membawa spanduk, dan meneriakkan yel-yel mereka, ditambah makian-makian pada polisi Inggris. Biasalah namanya juga demonstrasi. Ketika demonstrasi itu berjalan, ada seorang perempuan berbaju merah, bukan muslim, yang mencoba mewawancarai para pendemo. Awalnya, wawancara itu berjalan biasa, tetapi Si Baju Merah memancing-mancing kemarahan para pendemo. Kebetulan dia mewawancarai salah seorang perempuan pendemo yang memakai abaya hitam dan cadar hitam. Wawancara itu kemudian memanas sampai tidak nyambung karena mulai saling menghina soal pakaian. Yang muslimah memaki dengan kalimat kasar bahwa cara berpakaian Si Baju Merah sama saja dengan telanjang. Si Baju Merah pun tertantang. Saling serang kata-kata. Beruntung yang muslimah terus berjalan dalam barisan para pendemo sehingga meninggalkan Si Baju Merah yang mengomentari kemarahan muslimah itu dalam video tersebut.


            Umat Islam di Inggris memang setiap hari bertambah kuat. Hal itu membuat orang-orang yang anti-Islam semakin cemas dan marah. Di Kota London, Inggris, umat Islam memiliki sebuah wilayah yang kira-kira luasnya seperti satu kecamatan di kota besar di Indonesia. Wilayah itu benar-benar dikuasai kaum muslimin. Sampai-sampai mereka mengeluarkan aturan sendiri di sana, misalnya, melarang siapa saja minum alkohol di jalanan, melarang  berpacaran, mengharuskan perempuan menutup aurat, dan sebagainya. Untuk menegakkan peraturan-peraturan itu, mereka mempunyai pasukan khusus yang berpatroli di kawasan itu. Perilaku mereka memang menghebohkan media massa Inggris, baik cetak maupun elektronik. Pernah suatu waktu, malam hari, ada pria sempoyongan mabuk di kawasan itu sambil di tangannya masih memegang botol minuman keras. Dia langsung digerebek kaum muslimin dan peristiwa itu tentu saja menjadi perhatian besar dari publik Inggris. Hal-hal seperti itu sangat mengganggu kehidupan warga London yang terbiasa hidup bebas, mabuk di mana saja, dan pacaran seenaknya. 


Pemimpin muslim di wilayah itu seorang pemuda yang usianya sekitar 32 s.d. 35 tahun. Dia ganteng, tubuhnya ramping, dan sering menggunakan pakaian ala Pakistan berwarna putih-putih, namanya Saif al Islam. Dia mempunyai pengaruh sangat kuat di wilayah itu. Kalau dia sudah memukul orang yang menghina Islam, kaum muslimin yang lain tanpa diperintah langsung bergerak mendukung Saif. Orang yang dipukul Saif harus segera lari terbirit-birit jika ingin selamat. Kalau tidak, dia bisa habis dikeroyok kaum muslimin.


Yang lebih membuat gusar orang-orang anti-Islam di Inggris adalah kaum muslimin memiliki masjid yang sangat besar. Masjid itu terletak di Jl. Gereja. Jika hari Jumat, masjid itu sangat penuh dan suasananya seperti ketika kita merayakan Idul Fitri. Wilayah itu dipenuhi orang banyak berikut seperti kita juga banyak pedagang kaki lima di jalanan.


Pembuat video yang saya komentari itu tampaknya berusaha membangun opini bahwa bertambah pesatnya kekuatan kaum muslimin di Inggris adalah merupakan ancaman bagi warga London. Padahal, kaum muslimin juga tercatat sebagai warga London karena memang masih sama-sama orang Inggris dan lahir di Inggris juga.


Bagi yang ingin melihat percakapan aslinya dalam bahasa Inggris silakan lihat di https://www.youtube.com/watch?v=R5L9SExquao.


Berikut komentar saya dan percakapan yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.




Video ini menayangkan hal-hal yang biasa saja. Demonstrasi dan debat. Apanya yang istimewa?


Aku kasihan sama kamu semua yang merasa tersiksa, gelisah, terancam, iri dengan masuknya Islam di negara kalian. Ada apa dengan kalian semua? Islam hadir membawa perdamaian, cinta, kehormatan, keadilan, dan kemuliaan.


Jika ada orang Islam yang melakukan kekerasan dan melanggar hukum, tangkap dan hukum mereka dengan hukuman yang berlaku di negara kalian. Jika mereka tidak melakukan kesalahan apa pun, hiduplah bersama dengan saling menghormati. Hargai setiap komunitas yang berusaha memperjuangkan keinginannya sesuai dengan konstitusi yang ada.




Komentar saya ini ada yang membalas namanya Anne Dunn. Saya tidak tahu apakah dia itu beragama Yahudi atau beragama Kristen. Masalahnya, dalam awal percakapan dia seolah-olah mengisyaratkan dirinya beragama Yahudi, tetapi pada akhir pembicaraan mengatakan bahwa dirinya beragama Kristen. Hal itu bisa diperhatikan dalam percakapan berikut.







Anne Dunn:

            Aku beritahu kamu, Tommy, sahabat lamaku. Kamu harus berani “mendorong” kaum muslimin untuk “mengatasi sendiri” para pengancam itu dan menyelamatkan Amerika Serikat yang sedang kesulitan “melempar mereka keluar”! Mereka adalah orang-orang kamu, muncratan dari keyakinan kamu, bukan “keyakinan kami”. Kamu harus “berurusan dengan itu”.




Tom Finaldin:

            Seperti yang sudah aku katakan. Aku kasihan sama kalian semua.


            Kalian yang memulai mendatangi negeri-negeri muslim. Kalian juga yang memulai punya gagasan Borderless World, ‘Dunia tanpa Batas’. Akan tetapi, kalian merasa rugi akibat dari pengaruh perilaku yang kalian lakukan sendiri. Aneh.


            Interaksi antar-manusia di dunia ini merupakan suatu keharusan karena memang begitulah sifat manusia yang selalu ingin tahu. Dengan itu pula, manusia bebas memilih dan bebas berkembang.


Kita semua harus berdamai dengan hal itu. Jika tidak, kalian akan selalu gelisah tanpa alasan yang jelas.




Anne Dunn:

            Tuhan tidak pernah “memerintahkan” satu orang pun untuk itu. Dia tidak memerintahkan “siapa pun” untuk itu dan kami bukanlah tentara. Tuhan telah memberikan kami “kitab petunjuk” untuk menolong kami dalam menjalani kehidupan kami. Dia memberi kami “sepuluh perintah Tuhan” sebuah “peraturan emas” jika kamu menyukainya, kemudian terserah kita. Kami mempunyai “kehendak bebas”. Kamu hanya belajar dari kesalahan-kesalahan kamu.




Tom Finaldin:

            Kesalahan-kesalahanku?


            Apa itu? Tolong jelaskan.


            Aku menyukai Sepuluh Perintah Tuhan, sungguh. Jika kamu mau, kamu bisa terangkan perintah-perintah itu satu demi satu.




Anne Dunn:

            Apa sesungguhnya yang ingin kamu ketahui? Ketika aku berbicara tentang kesalahan-kesalahan, aku berbicara tentang hari demi hari yang penuh cobaan dan kesengsaraan. Kita semua memiliki kesalahan dan jika kita bijak, “kami akan berkonsentrasi pada pelanggaran-pelanggaran itu”! Hal itu pasti akan membuat kami sibuk sampai hari kami mati. Tujuan dalam hidup adalah bukan menunjukkan bagaimana buruknya kamu atau buruknya perilaku orang lain. Sederhana saja, aku tidak peduli!


            Mereka memiliki hal-hal jahat yang ada dalam agama Islam “merajam wanita dan memotong anggota badan dan tangan”. Untuk pikiranku, jika hal-hal itu menjadi bagian dari agamaku sehingga aku harus menyaksikan itu dilakukan, aku berpikir bahwa aku sudah memasuki neraka. Jadi, mari kita biarkan semua berharap agar perilaku biadab, jahat, bentuk hukuman resmi yang disahkan kekuasaan akan hilang dari pandangan secepat mungkin.




Tom Finaldin:

            Aku setuju kita harus fokus terhadap introspeksi diri setiap hari agar hidup kita lebih berkualitas dan mendapatkan tempat yang baik setelah kita mati. Aku melakukannya paling tidak lima kali, bahkan lebih dalam satu hari. Perbedaannya, aku peduli jika orang lain melakukan kesalahan. Aku harus mengingatkan mereka agar mereka tidak tersesat. Tentang apakah mereka mau menerima nasihat dariku atau tidak, itu terserah mereka.


            Tentang kritikanmu terhadap hukuman yang diterapkan di negara lain, itu biasa saja, bukan sesuatu yang istimewa.


            Akan tetapi, aku ingin tahu pendapatmu tentang hukuman. Jika ibu kamu diperkosa, lalu disiksa sampai mati, hukuman apa yang menurut kamu pantas untuk penjahat seperti itu?




Anne Dunn:

            Nah, Tom, aku tebak “beberapa wilayah muslim sedang dalam keadaan perang”! Tadi pagi, hampir seratus laki-laki, perempuan, dan anak-anak diculik oleh ISIS. Kita tidak harus menebak apa yang akan terjadi selanjutnya! Sebagaimana yang terdapat dalam ayat-ayat Al Quran … ini sejelas lumpur untukku bahwa para ekstrimis gila akan memiliki “Hari Ladang Pembantaian”. Tidak penting bagi mereka apakah perang itu “sah atau tidak”,  mereka selalu siap bergemuruh! Mereka tidak akan berhenti sampai menutup dunia dengan Muslim Sejati-Hukum Syariah-dan lain-lainnya! Agama mengerikan dan orang-orang mengerikan!




Tom Finaldin:

            Wow, kamu sangat bersemangat, tetapi tidak fokus. Jika kamu ingin mengkritik ISIS, terserah kamu. Setiap orang punya hak untuk berkomentar tentang ISIS. Akan tetapi, kamu salah jika mengatakan bahwa ISIS adalah manifestasi dari ajaran Islam. Dari zaman ke zaman, kita tahu bahwa banyak kelompok yang menggunakan kekerasan berdasarkan agama. Agama apa pun itu.


            Akan tetapi, jika kamu menghina Islam, itu akan menjadi urusanku!


            Jumlah orang Islam kurang lebih 1,6 miliar. Mayoritas umat Islam membawa pesan kasih sayang dan perdamaian.


            Memang beberapa negeri muslim berada dalam wilayah perang. Masalah mereka bukanlah agama, tetapi tirani dan perebutan sumber daya alam. Yang bermain di sana banyak juga orang-orang barat kapitalis yang membuat suasana lebih semrawut. Memalukan.




Anne Dunn:

            Apakah kamu “juru bicara” untuk mendatangi negara-negara muslim? Kamu berbicara seolah-olah kami di Barat tidak punya pengetahuan tentang bagaimana orang hidup, peribadatan di negara muslim!! Turis telah mengunjungi negara-negara muslim selama bertahun-tahun dan bertahun-tahun. Beberapa dari tempat yang penuh budaya dan keindahan adalah sangat berharga untuk dikunjungi sebelum diledakkan dan dilenyapkan. Beberapa tempat sangat berbahaya. Itu terserah orang-orang Islam agar lebih terbuka dan tidak membuat tuduhan pada orang asing. Aku pribadi tidak mempertimbangkan untuk saat ini mengunjungi negara muslim. Sangat tidak aman. Bahkan, bagi para pekerja sosial yang hidup berada di garis depan. Jadi, mari kita berharap bahwa para radikal sesat mendapatkan hukuman oleh semua secara bersama-sama sebelum mereka menghancurkan kredibilitas mereka sendiri.




Tom Finaldin:

            Aku pikir siapa pun dapat saling mengunjungi di antara negara-negara yang berbeda. Jika kita datang dengan baik, memiliki niat baik, berperilaku baik, dan dapat bergaul dengan baik, setiap orang bisa saling mengunjungi dengan aman. Akan tetapi, jika kita dasarnya sudah buruk, siapa pun tidak akan menerima.






Anne Dunn:

            Banyak aturan untuk mengunjungi wilayah muslim. Apakah kalian mengumpulkan dugaan bahwa orang-orang barat akan mengambil alih tanah kalian? Mencoba untuk membuat kalian beragama Kristen? Menghancurkan tempat ibadat kalian? … Aku tidak berpikir seperti itu … Tetapi, yang pasti orang Islam radikal melakukan itu! Kerusakan yang telah mereka lakukan di seluruh dunia adalah kegilaan. Jika peribadatan Islam cocok untuk kamu—lakukanlah, tapi itu hanya untukmu sendiri.


            Untuk mengatakan bahwa kebanyakan orang-orang Barat adalah sakit dalam hal agama, itu adalah pernyataan yang merendahkan! Agama bagi kami seharusnya mendatangkan hal positif untuk hidup kami… yang satu ini “Islam” melakukan hal yang sebaliknya. Hal ini telah melahirkan sesuatu yang “Terburuk” dalam masyarakat, yaitu Muslims. Harapanku adalah suatu hari “keyakinan” khusus itu akan dipenjara dalam tembok besar yang dikelilingi “parit besar” yang panjang dan jauh, jauh dari kehidupan kami! Tidak ada orang waras yang ingin berperilaku seperti itu!





Tom Finaldin:

            Yang bilang kebanyakan orang di Barat sakit agama siapa?


            Aku?


            Kapan?


            Kamu melamun ya?


            Kamu mendapatkan informasi yang salah tentang Islam atau kamu tidak ingin tahu tentang kebenaran Islam. Islam mengajarkan kebaikan, kasih sayang, perdamaian, keadilan, ketertiban, dan harga diri.




Anne Dunn:

            Apakah kamu tahu segala yang terjadi dalam sejarah masa lalu? Yang tidak ada hubungannya dengan Muslims? Atau kamu benar-benar berada di luar jalur itu? Apakah kamu tahu perang dunia kedua? Nah, aku tahu. Apakah kamu tahu apa sebenarnya yang terjadi dan apa penyebab segala sesuatunya terjadi? Jika kamu belum tahu, dengan segala hormat aku sarankan kamu membacanya. Aku yakin hal itu sudah diterjemahkan ke dalam bahasa kamu. Aku akan menjawab pertanyaanmu tentang kekejaman terhadap manusia setelah kamu selesai membaca itu.



Tom Finaldin:

            Aku pikir kalian terlalu meluaskan masalah dari inti pembicaraan. Itu membuat kalian pusing sendiri.


            Seperti yang aku bilang. Aku kasihan sama kamu semua yang merasa tersiksa, gelisah, terancam, iri dengan masuknya Islam di negara kalian. Ada apa dengan kalian semua? Islam hadir membawa perdamaian, cinta, kehormatan, keadilan, dan kemuliaan.


            Jika ada orang Islam yang melakukan kekerasan dan melanggar hukum, tangkap dan hukum mereka dengan hukuman yang berlaku di negara kalian. Jika mereka tidak melakukan kesalahan apa pun, hiduplah bersama dengan saling menghormati. Hargai setiap komunitas yang berusaha memperjuangkan keinginannya sesuai dengan konstitusi yang ada.




Anne Dunn:

            Ngomong-ngomong, bahasa Inggris kamu sangat buruk. Paragraf pertama sama sekali tidak masuk akal.




Tom Finaldin:

            Kan aku sudah bilang. Aku orang Indonesia. Maaf jika bahasa Inggris-ku buruk.




Anne Dunn:

            Masalahnya adalah Tom, orang-orang ini memiliki hak untuk berbicara dan melakukan apa yang mereka … please …. Yang dilakukan pemerintah hanyalah “memperhatikan”, tetapi dalam waktu yang sama mereka mengganggu perdamaian, mereka membuat marah orang-orang dengan pidato-pidato mereka yang kasar penuh kekerasan. Mereka mencampuri urusan orang lain dan mengomentari urusan orang setiap hari. Kan orang punya urusan dan masalahnya masing-masing…. Mereka tidak perlu mengekspos kepada orang banyak siapa saja yang mereka benci. Mereka juga menghina orang-orang yang mereka benci dengan teriakan-teriakan “Kafiiir, Kufffiiirs! Hal itu sangat cukup membuat kamu sakit, sungguh….


            Masalahnya orang-orang ini bukan hanya para pendatang, tetapi mereka juga lahir di Inggris. Itu yang sangat menjadi masalah!!!






Tom Finaldin:

            Aku tidak mengerti cara hidup kalian. Aku benar-benar bingung, sungguh. Bukankah kalian menyembah kebebasan berbicara, tetapi kalian merasa sakit ketika orang lain menyerang kalian?


            Bukankah kalian juga memiliki hak untuk menyerang balik dengan kata-kata? Mengapa tidak kalian lakukan saja?


            Mungkin kalian yang memulai menyerang mereka, kemudian mereka melakukan pembalasan. Jadi, jika kamu tidak ingin disakiti, jangan memulai menyakiti orang lain. Kalian curang jika kalian menikmati menyakiti perasaan orang lain, tetapi orang lain tidak boleh menyakiti hati kalian.


            Aku pikir kalian terlalu berlebihan dalam hal kebebasan berbicara. Di Indonesia setiap orang bebas berbicara sepanjang tidak melanggar hukum dan tidak menyerang perasaan orang lain. Jika kamu menghina agama orang lain, grup orang lain, bahkan pribadi orang lain, kamu akan ditangkap, lalu dimasukkan dalam penjara. Kami selalu berusaha menjaga perasaan orang lain untuk menjaga ketenteraman dalam kehidupan.


            Jangan sakit hati jika disebut Kafir karena kamu memang Kafir. Kafir itu artinya Penolak atau orang yang melakukan penolakan.


            Bukankah kamu memang menolak untuk menjadi orang yang beragama Islam?


            Mengapa harus sakit hati?


            Jika kamu masuk Islam, kamu tidak lagi menjadi Kafir, tetapi menjadi muslimah (gadis muslim). Islam artinya Patuh dan Selamat. Jadi, setiap muslim harus patuh kepada Allah swt agar mendapat keselamatan di dunia dan akhirat.




Anne Dunn:

            Kamu harus menjadi orang hindu! Ghandi adalah hindu.. orang yang sangat baik … Dia memiliki solusi ajaib bagi orang-orang Islam dan hindu dalam hal menjalani kehidupan tanpa harus membunuh satu sama lain, kamu tahu itu? Aku belum pernah mendengar hal semacam itu. Mungkin kamu harus bertanya kepada imam kamu tentang itu. Islam akan maju dalam beberapa ratus tahun ke depan jika mengadopsi ajaran-ajaran Ghandi.


            Aku lihat kamu telah ditenggelamkan oleh Islam, terjerat kail pemberat… Baiklah, itu mungkin bagus cocok untukmu, tetapi mutlak menjijikan untukku. Aku kristen dan aku mengikuti Yesus. Aku tidak perlu Muhammad! Mengapa harus mengambil peringkat kedua sementara aku memiliki yang terbaik! Itu artinya, kamu tetap di tempatmu dan aku akan tetap dengan milikku. Yesus berkata “Aku adalah jalan, kebenaran dan kehidupan! Tak ada orang yang dapat mencapai Bapa (Tuhan), kecuali melalui aku”. Apalagi yang aku butuhkan lebih dari itu! Tidak ada.




Tom Finaldin:

            Aku setuju beberapa hal baik yang disampaikan Gandhi, tetapi banyak hal yang tidak aku setujui. Bahkan, kadang-kadang ajaran Gandhi membuatku tertawa, lucu.


            Islam baik-baik saja, tidak memerlukan solusi sebab Islam adalah solusi bagi dunia. Kamu sendiri mungkin yang memiliki masalah dalam hidup kalian sehingga membutuhkan solusi. Islam tidak memerlukan waktu ratusan tahun untuk maju pada masa depan. Dalam beberapa tahun lagi Islam akan menyinari seluruh dunia. Mayoritas negeri-negeri muslim sudah mengusir para penjajah secara fisik dan berdaulat secara penuh. Tinggal sedikit lagi, menghajar para kapitalis penipu yang bekerja sama dengan pemimpin muslim korup yang merampok kemakmuran rakyat.


            Di Barat, banyak orang yang telah membuka hatinya untuk mendapatkan cahaya Islam. Itu sangatlah bagus. Sebentar lagi Bumi akan dipenuhi dengan keadilan.


            Aku dengar menurut statistik 20.000 orang Amerika Serikat masuk Islam setiap tahun. Kemudian, jutaan orang Eropa sudah lebih dahulu masuk Islam.


            Benarkah itu?


            Hebat mereka.


            Kalau begitu, siapa sekarang yang membutuhkan solusi? Kalian atau Islam?


            Aku beritahu keunikan orang Islam yang beriman. Seluruh kondisi hidupnya selalu dalam kebaikan. JIKA DIBERIKAN KEMUDAHAN, DIA AKAN BERSYUKUR DAN JIKA DIBERIKAN KESULITAN, DIA AKAN BERSABAR. Bersyukur dan sabar adalah dua hal yang sangat bagus bagi dirinya.




Anne Dunn:

            Kamu telah membuat urat syarafku gugup ….  Orang-orang Islam telah hidup di Inggris, Kanada, dan Australia bertahun-tahun. Aku tidak percaya. Kami memperhatikan mereka lebih daripada sekedar mengatakan selamat pagi dan lain sebagainya. Tak ada yang salah dengan kami. Kami sama-sama berbisnis. Beribadat di gereja kami, sinagog kami, dan lain-lain. Sejauh yang aku ketahui tidak ada yang mengekspresikan “rasa iri” pada agama kamu! Mengapa harus iri? Itu bukan agama yang menarik bagi kami secara khusus, terutama karena banyak pilihan agama yang menurut kami enak.


            Aku pikir banyak orang yang mengatakan bahwa Islam lebih cocok di Timur Tengah, bukan di tempat kami, itu bukan berarti pendapat itu sangat benar. Sampai 11 September 2001, tidak banyak pemikiran-pemikiran dari kalian atau agama kamu. Kami baru tahu itu sekarang-sekarang. Seperti “penangkapan pembuat masalah” dari orang Islam? Nah, mengapa mereka membuat masalah? Mengapa mereka menyebarkan agama yang tidak populer kepada kami? Yang lebih buruk dari semuanya adalah mencoba menerapkan hukum syariah. Lalu, memasangkan bendera hitam berkibar di puncak-puncak gedung-gedung kami. Agak kasar dalam bahasamu? Mungkin kamu akan sampaikan pesan ini kepada teman-temanmu bahwa jawabannya adalah “TIDAK” untuk semua itu! Tidak terima kasih, kami baik-baik saja tanpa Islam.


            Aku kewalahan …. Aku benar-benar tidak harus membaca postingan kamu, orang Islam…. Jiwaku keluar dari tubuhku …. Sakit jiwaku oleh segalanya… Aku telah menemukan dari kamu lebih banyak tentang Islam daripada sekedar yang aku ingin tahu …. Atas nama yang membuat jiwaku, jiwaku ngeri …. Kapankah semua ini akan berakhir …..


            Aku benar-benar terguncang, …. Sangat menakutkan …..




Tom Finaldin:

            Kamu terguncang karena mendapatkan informasi palsu tentang Islam. Kemudian, kamu membayangkan sesuatu yang mengerikan berdasarkan informasi penuh penipuan itu.


            Musuh kita sebenarnya sama, yaitu orang-orang jahat yang tidak menyukai manusia hidup damai dan harmonis. Mereka menaburkan kebohongan tentang Islam. Mereka juga yang mempengaruhi orang-orang Islam bodoh tanpa pengetahuan untuk melakukan serangkaian kekerasan.




*******



            Percakapan itu terhenti. Saya bingung, kenapa dia, seperti orang yang shock, kaget berat. Mungkin karena saya memberikan informasi bahwa Islam semakin kuat di Amerika Serikat dan Eropa. Mungkin juga karena saya mengatakan tentang keunikan orang beriman. Tidak tahulah.


            Ada pelajaran yang dapat saya ambil dari percakapan itu. Ternyata, di Barat sana banyak orang yang tidak mengenal Islam dengan baik. Hal itu dimanfaatkan oleh para anti-Islam untuk menyebarkan kebohongan tentang Islam. Akibatnya, nama Islam menjadi buruk dan orang-orang Barat ketakutan terhadap Islam.


            Kita bisa lihat kan dari percakapan tadi?


            Saya tidak mengajarkan Islam, hanya memberi tahu tentang Islam sangat sedikit. Akan tetapi Anne Dunn begitu terguncang. Parah. Kasihan juga sih.


*******

                               

   

           


No comments:

Post a Comment