Wednesday 22 November 2023

Bodohnya Zionis Israel

 

oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Orang-orang Zionis memang bodoh, tolol juga sih. Mereka kerap melakukan hal-hal yang merugikan orang lain, termasuk orang Israel sendiri. Tidak semua orang Yahudi Israel itu Zionis. Banyak dari mereka yang juga tidak setuju dengan pemerintahan Zionis. Banyak rabi Yahudi menentang Israel dan ingin hidup damai dengan Palestina seperti pada masa lalu.

            Israel itu dari dulu, selalu ingin berhubungan dengan Indonesia. Mereka melakukan berbagai upaya diplomatik untuk merayu, membujuk, dan meyakinkan Indonesia untuk berhubungan dengan mereka. Selama puluhan tahun itu, tampak mereka mulai berhasil mempengaruhi masyarakat Indonesia. Banyak dari masyarakat bahkan tokoh Indonesia yang mulai berhubungan dengan Israel secara perorangan atau antarkelompok. Itu adalah kemajuan untuk saling memahami dan membuka dialog dalam menciptakan perdamaian. Bahkan, peristiwa terakhir banyak rakyat Indonesia yang menginginkan Israel untuk datang bermain sepakbola dalam ajang Piala Dunia di Indonesia meskipun akhirnya tertolak juga. Presiden RI Jokowi pun sempat menyayangkan tidak hadirnya Israel di Indonesia yang menyebabkan batalnya Piala Dunia U21 di Indonesia.

            Meskipun tampak mulai cair hubungan antara masyarakat Indonesia dengan Israel, secara politik Negara Indonesia sama sekali tidak berminat membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Bagi politik Indonesia, Israel adalah penjajah dan tidak ada untungnya juga bersahabat dengan Israel, bikin ruwet.

            Israel sudah berlelah-lelah meyakinkan Indonesia untuk membuka hubungan dengan Indonesia, termasuk menggunakan Amerika Serikat untuk memberikan uang 110 triliun bagi Indonesia jika mau berhubungan dengan Israel. Banyak negara Arab yang tergiur dengan uang bantuan itu, lalu membuka diri berhubungan dengan Israel. Akan tetapi, tidak bagi Indonesia. Uang sejumlah apa pun tidak akan membuat Indonesia goyah pada pendiriannya untuk menolak Israel, itu tertulis dalam Pembukaan UUD 1945.

            Sebetulnya, betapapun kerasnya pemerintah Indonesia menolak Israel, akan luluh juga untuk berhubungan dengan Israel jika masyarakat Indonesia menginginkannya. Bodohnya Israel, ketika banyak dari rakyat Indonesia mulai membuka diri terhadap Israel, mereka melakukan penyerangan terhadap Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina. Alasannya, Israel curiga dan menuduh RS Indonesia digunakan Hamas untuk menyerang Israel. Penyerangan Israel terhadap RS Indonesia sudah pasti membuat upaya mereka untuk berhubungan dengan Indonesia semakin kandas dan sangat sulit terwujud. Indonesia dipastikan semakin menolak untuk berhubungan dengan Israel.

            Tuduhan terhadap RS Indonesia itu adalah tuduhan bodoh yang mesti dibuktikan. Pihak manajemen RS Indonesia sudah menjelaskan bahwa tidak ada Hamas, tetapi hanya petugas medis dan pasien. Israel tidak percaya dan melakukan penyerangan. Padahal, kalau tidak percaya, tidak perlu menyerang hingga membuat orang mati. Bekerja sama saja dengan pihak manajemen RS untuk menggeledah setiap sudut ruangan, lorong, peralatan, dan ruang bawah tanah untuk menemukan Hamas. Kalau ada, tangkap dan minta pertanggungjawaban pula dari pihak manajemen. Kalau tidak ada, tidak perlu bikin aksi-aksi brutal.


Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina (Foto: Medcom.id)

            Kalau di Indonesia, sudah pasti lebih berhati-hati dalam bertindak. Jika Densus 88 akan menangkap teroris di suatu perkampungan, kontrakan, atau apartemen, kan tidak seluruh kampung, kontrakan, atau apartemen itu yang dihancurkan, tetapi terbatas hanya pada ruangan atau rumah tempat teroris itu ada sehingga kerusakan bisa diminalisasi dan tidak perlu menimbulkan korban yang tidak perlu.

            Zionis Israel memang bodoh, pantas dari zaman ke zaman sejak zaman para nabi hidupnya selalu bermasalah. Mereka harus berhenti bikin masalah agar bisa hidup lebih baik. Mereka bodoh dengan tindakan mereka hingga Indonesia semakin tidak mau berhubungan dengan mereka. Israel yang rugi, Indonesia tidak rugi apa pun.

            Sampurasun.

No comments:

Post a Comment