Tuesday 13 June 2023

Ternyata Temannya Kawan Lama

 

oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Awal Ramadhan 2023 anak bungsu saya yang masih SMP ikutan pesantren kilat (Peskil) di Al Basyariyah 3, Arjasari, Kabupaten Bandung. Sambil mengantar anak saya waktu hari pertama masuk pesantren, saya ngobrol-ngobrol dengan siswa kelas 12 MA Al Basyariyah 3 barangkali mereka mau meneruskan kuliah ke Universitas Al Ghifari, saya bisa bantu. Beberapa hari kemudian, pemimpin Al Basyariyah 3 menelepon saya mengajak diskusi soal kelanjutan pendidikan anak-anak didiknya. Akan tetapi, kebetulan saya sakit jadi tidak bisa menemuinya. Baru beberapa hari kemarin saya bisa menemuinya.

            Setelah bertemu, ya berdiskusi soal pendidikan, kondisi ekonomi masyarakat untuk meneruskan studi, termasuk kemungkinan adanya beasiswa bagi mahasiswa. Banyak hal yang dibicarakan, malah sedikit melebar ke arah situasi politik saat ini. Di tengah-tengah obrolan pemimpin Al Basyariyah 3 itu bilang bahwa punya teman satu kobong ketika di pesantren dulu. Temannya ini kabarnya sering ke Al Ghifari.




            Ternyata, temannya itu kawan lama saya juga, malah berkali-kali ke rumah karena dia ingin bisa menulis naskah dan ingin belajar dari saya. Obrolan pun semakin cair dan tidak lagi terlalu kaku seperti seperti bicara dengan ustadz atau kiyai. Biasa saja kayak teman biasa karena terhubung dengan teman dia dan kawan lama saya juga yang sempat kuliah di Suriah sebelum terjadi perang dengan Isis.

            Intinya, terjadi hubungan yang baik untuk saling membantu, khususnya pendidikan untuk generasi muda agar dapat menghadapi masa depan yang dipenuhi persaingan dan untuk menempati berbagai posisi yang diperlukan sesuai dengan perkembangan Negara Indonesia.

            Sampurasun.

No comments:

Post a Comment