Monday 5 October 2020

Jenis Barang Berdasarkan Cara Penggunaan dan Hubungan Pemakaiannya

 


 

oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Dilihat dari cara penggunaannya, barang dapat dibedakan dalam dua kategori, yaitu:

            Pertama, barang pribadi. Barang ini adalah barang yang dimiliki oleh pribadi dan digunakan oleh pribadi atau perorangan. Contohnya, kendaraan, rumah, dan simpanan uang di bank.

            Kedua, barang publik. Barang ini adalah barang yang dimiliki dan dipergunakan oleh masyarakat secara umum. Contohnya, sekolah, jalan raya, tempat ibadat, jembatan, dan taman bermain.

            Apabila dilihat dari hubungan pemakaiannya, barang dapat dibedakan menjadi dua kategori pula, yaitu:

            Pertama, barang substitusi. Barang ini adalah barang yang dapat menggantikan barang lain. Misalnya, karena harga beras mahal, orang dapat menggantinya dengan jagung, ubi, atau singkong; jika harga tiket pesawat mahal, orang bisa menggantinya dengan kereta api atau kendaraan umum lainnya.

            Kedua, barang komplementer. Barang ini adalah barang yang kegunaannya semakin bertambah jika digunakan dengan barang lainnya. Misalnya, sepatu dengan kaos kaki, kertas dengan pulpen, kemeja dengan celana panjang, kendaraan dengan bensin, serta kertas warna dengan lem.

            Demikianlah jenis barang jika dilihat dari cara penggunaan dan hubungan pemakaiannya.

            Sampurasun.

 

Sumber Pustaka:

Novasari, Yunita; Jawangga, Yan Hanif; Setiadi, Inung Oni; Hastyorini, Irim Rismi (editor); Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X Semester I: Peminatan Ilmu-ilmu Sosial, PT Penerbit Intan Pariwara

S., Alam, 2013, Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment