Monday 5 October 2020

Pembangunan Ekonomi

 


oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses yang bertujuan untuk meningkatkan produk domestik bruto (PDB) suatu negara atau daerah melebihi tingkat pertumbuhan penduduk.

            Dalam pembangunan ekonomi, peningkatan pendapatan harus dapat meningkatkan struktur sosial dan sikap masyarakat. Pembangunan ekonomi pun bertujuan membangun perbaikan terhadap hal-hal di luar ekonomi, misalnya, perbaikan pemerintah, pelayanan terhadap masyarakat, pelayanan kesehatan, perubahan sikap dan cara pandang, serta memperkecil jurang pemisah antara Si Kaya dan Si Miskin.

            Pemahaman terhadap pembangunan ekonomi adalah mengacu pada seluruh proses kegiatan ekonomi secara keseluruhan, bukan sebagian kecil dari suatu daerah. Misalnya, sebuah desa terpencil sedang membangun, tidak dapat dikatakan bahwa keseluruhan negara sedang membangun. Pembangunan ekonomi hanya mencakup perubahan ke tingkat yang lebih tinggi.

            Prof. Denis Goulet berpendapat bahwa terdapat tiga nilai inti dari pembangunan. Ketiga nilai itu adalah:

            Pertama, rezeki kehidupan. Kehidupan manusia bisa bertahan ketika kebutuhan-kebutuhan dasar untuk hidup terpenuhi. Misalnya, pakaian, makanan, tempat tinggal, kesehatan, pendidikan, dan pekerjaan. Jika kebutuhan dasar tidak terpenuhi, terjadilah keterbelakangan.

            Kedua, harga diri. Harga diri merupakan perasaan berharga, mandiri, dan dipentingkan oleh pihak lain. Suatu negara yang dijajah atau dikendalikan oleh negara lain, negara tersebut tidak memiliki harga diri. Oleh sebab itu, pembangunan ekonomi suatu negara pun salah satunya bertujuan untuk meningkatkan harga diri.

            Ketiga, kebebasan dari perbudakan. Bebas dari perbudakan berarti pula bebas dari kebodohan, kejahatan, dan pengekangan. Setiap manusia bebas berekspresi, berpandangan politik, kesamaan di hadapan hukum, kesempatan yang sama dalam bekerja, dan keluasan berpartisipasi dalam pembangunan.

            Demikian pemahaman sederhana mengenai pembangunan ekonomi.

            Sampurasun.

 

Sumber Pustaka:

Hastyorini, Irim Rismi; Novasari, Yunita; Sari, Kartika; Jawangga, Yan Hanif (editor), Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XI Semester I: Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial, PT Penerbit Intan Pariwara

S., Alam, 2016, Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment