Friday 30 October 2020

Jenis-Jenis Gerakan Sosial

 


oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

David Aberle dalam Sunarto (2004) dalam Kun Maryati dan Juju  Suryawati (2013) mengklasifikasikan jenis-jenis gerakan sosial.

 

1. Alternative Movement

Gerakan ini dimaksudkan untuk mengubah sebagian perilaku seseorang atau masyarakat. Contohnya, kampanye antirokok, antialkohol, antinarkoba, antiseks bebas, dan gerakan menikah setelah lulus kuliah.

 

2. Redemptive Movement

Gerakan ini berupa gerakan yang betujuan mengubah seluruh perilaku seseorang atau masyarakat. Misalnya, gerakan keagamaan untuk membimbing manusia ke jalan Tuhan Sang Maha Pencipta.

 

3. Reformative Movement

Gerakan ini diharapkan dapat mengubah masyarakat dalam ruang lingkup tertentu, misalnya, emansipasi wanita, perbaikan pelaksanaan Pemilu, penyempurnaan undang-undang buruh, dan gerakan orang tua asuh.

 

4. Transformative Movement

Gerakan ini bertujuan untuk mengubah bukan hanya perilaku masyarakat, melainkan pula mengubah struktur masyarakat, baik secara politik, ekonomi, budaya, dan lain sebagainya. Contohnya, gerakan komunis cina yang mengubah kekaisaran Cina dengan struktur komunisme.

 

            Demikian empat jenis gerakan sosial yang diklasifikasikan David Aberle.

            Sampurasun.

 

Sumber Pustaka

Maryati, Kun; Suryawati, Juju, 2013, Sosiologi untuk SMA dan MA Kelas XII Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

Wijayanti, Fitria; Kusumantoro, Sri Muhammad; Irawan, Hanif, Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XII: Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial

No comments:

Post a Comment