Sunday 27 September 2020

Jenis Barang Berdasarkan Cara Memperoleh dan Kepentingannya

 


 

oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Barang dapat dibedakan dari cara memperolehnya, yaitu pertama, barang ekonomi. Barang ini adalah barang yang memerlukan pengorbanan untuk memperolehnya. Misalnya, sepatu, celana, baju, dan laptop

            Kedua, barang nonekonomi. Barang ini adalah barang yang dapat diperoleh tanpa memerlukan pengorbanan atau biaya. Contohnya, udara, sinar Matahari, air sungai, dan pasir di pantai.

            Adapun berdasarkan kepentingannya, barang dapat dibedakan pada jenis-jenis sebagai berikut.

            Pertama, barang inferior. Barang ini barang yang pemakaiannya akan dikurangi jika pendapatan atau penghasilan hidup bertambah. Misalnya, sandal jepit, kompor, atau barang-barang tiruan. Penggunaan dan pembelian barang-barang ini akan dikurangi jika pendapatan seseorang meningkat karena akan membeli barang sejenis dengan kualitas dan harga lebih tinggi.

            Kedua, barang esensial. Barang ini adalah barang yang sangat penting dan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan untuk menggunakan barang ini tidak dipengaruhi secara signifikan oleh meningkatnya dan menurunnya pendapatan seseorang. Contohnya, beras, gula, dan bensin. Barang-barang ini tetap akan dibeli meskipun pendapatan atau penghasilan seseorang menurun atau meningkat.

            Ketiga, barang normal. Barang ini akan meningkat jumlah dan kebutuhannya jika pendapatan ekonomi seseorang meningkat. Contohnya, pakaian, buku, kendaraan, sepatu, dan laptop.

            Keempat, barang mewah. Barang ini adalah barang yang sangat mahal harganya dan berguna untuk menaikkan status sosial pemiliknya atau penggunanya. Misalnya, mobil mewah, rumah mewah, kapal pesiar, serta perhiasan berlian atau intan.

            Demikian, jenis barang jika dilihat dari cara memperolehnya dan kepentingannya.

            Sampurasun

 

Sumber Pustaka:

Novasari, Yunita; Jawangga, Yan Hanif; Setiadi, Inung Oni; Hastyorini, Irim Rismi (editor); Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X Semester I: Peminatan Ilmu-ilmu Sosial, PT Penerbit Intan Pariwara

S., Alam, 2013, Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment