Tuesday 15 September 2020

Perubahan Sosial Menurut Teori Perkembangan

 


oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Menurut teori ini, perubahan dan perkembangan masyarakat dapat diarahkan ke titik tertentu. Masyarakat primitif, tradisional, dapat berkembang ke arah masyarakat yang maju, industri.

            Perubahan masyarakat dapat dibagi ke dalam teori evolusi dan teori revolusi. Perubahan lambat dan perubahan cepat. Menurut Auguste Comte, seorang sarjana Perancis, pergerakan masyarakat melalui tiga tahap, yaitu:

            Pertama, tahap teologis (theological stage), pada tahap ini masyarakat diarahkan oleh nilai-nilai supernatural.

            Kedua, tahap metafisik (methaphysical stage). Pada tahap ini terjadi peralihan dari kepercayaan terhadap unsur supernatural  menuju prinsip abstrak sebagai perkembangan budaya. Manusia mulai mengandalkan hati dan pikirannya untuk berkembang.

            Ketiga, tahap positifis atau alamiah (positive stage).  Pada tahap ini masyarakat diarahkan oleh kenyataan yang didukung prinsip-prinsip ilmu pengetahuan. Pada fase ini manusia menyandarkan dirinya pada data-data, fakta-fakta, dan berbagai analisis ilmiah.

            Adapun Herbert Spencer, seorang sosiolog dari Inggris, berpendapat bahwa orang-orang yang cakap, cerdas, terampil sajalah yang dapat menjadi pemenang dalam kehidupan. Orang-orang yang lemah, malas, dan bodoh akan tersisih.

            Tahapan perkembangan dalam pandangan Herbert Spencer adalah masyarakat sederhana, masyarakat komplek, masyarakat lebih komplek, dan peradaban.

            Emile Durkheim menjelaskan bahwa masyarakat berkembang dari solidaritas mekanik ke solidaritas organik. Solidaritas mekanik adalah solidaritas yang hidup pada masyarakat tradisional yang hanya bekerja tanpa aturan yang jelas. Adapun solidaritas organik hidup pada masyarakat modern yang telah mengenal pembagian kerja.

            Adapun dalam pandangan teori revolusi Karl Marx, masyarakat berubah secara linear, tetapi secara revolusioner dari masyarakat feodal menuju masyarakat kapitalis.

            Inti dari teori perkembangan adalah masyarakat berubah dan berkembang ke arah tertentu.

            Sampurasun.

 

Sumber Pustaka

Maryati, Kun; Suryawati, Juju, 2013, Sosiologi untuk SMA dan MA Kelas XII Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

 

Wijayanti, Fitria; Kusumantoro, Sri Muhammad; Irawan, Hanif, Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XII: Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial

No comments:

Post a Comment