Monday 21 September 2020

Jenis-Jenis Kebutuhan

 

oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Kebutuhan memiliki jenis yang berbeda, bergantung pada tingkat intensitas, subjek yang membutuhkan, waktu pemenuhan, dan sifat pemenuhan kebutuhan.

 

a. Berdasarkan tingkat intensitas (Keharusan Pemenuhan Kebutuhan)

Berdasarkan tingkat intensitasnya, jenis kebutuhan dibagi dalam kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

            Kebutuhan primer adalah kebutuhan manusia yang utama untuk melangsungkan hidupnya. Biasanya, jenis kebutuhan yang termasuk dalam kebutuhan primer adalah kebutuhan terhadap makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

            Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang diperlukan setelah dapat memenuhi kebutuhan primer. Misalnya, kebutuhan terhadap sepatu, jam tangan, tas, serta alat dan perlengkapan untuk bekerja.

            Kebutuhan tersier adalah kebutuhan mewah yang biasanya digunakan untuk meningkatkan gengsi dan status sosial, misalnya, motor mewah, mobil mewah, rumah mewah, pesawat pribadi, atau pakaian mewah dan gemerlap.

 

b. Berdasarkan Subjek yang Membutuhkan

Jenis kebutuhan ini terbagi dua, yaitu kebutuhan individu dan kebutuhan umum.

            Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang butuhkan oleh orang per orang. Setiap orang membutuhkan sesuatu yang berbeda dibandingkan orang lainnya. Guru dan dosen membutuhkan laptop atau computer; petani membutuhkan cangkul dan traktor; tentara dan polisi membutuhkan senjata; montir membutuhkan alat-alat perbengkelan.

            Kebutuhan umum adalah kebutuhan yang diperlukan orang banyak atau masyarakat. Kebutuhan ini disebut juga kebutuhan sosial. Contohnya, kebutuhan jalan raya, listrik, taman, perkantoran, tempat ibadat, dan pasar.

 

c. Berdasarkan Waktu

Jenis kebutuhan waktu terbagi pada kebutuhan sekarang dan kebutuhan masa mendatang.

            Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan saat ini yang tidak dapat ditunda, misalnya, kebutuhan makan bagi yang lapar, kebutuhan berobat bagi yang sakit, kebutuhan kendaraan yang akan bepergian.

            Kebutuhan masa mendatang adalah kebutuhan yang dirancang untuk dipenuhi pada masa depan. Orang tua menabung untuk kuliah anaknya. Kaum muslim menabung untuk dapat pergi berhaji atau umroh. Anak-anak muda belajar agar menjadi orang yang terpandang pada masa depan.

 

d. Berdasarkan Sifat Pemenuhannya

Berdasarkan sifat pemenuhannya kebutuhan terbagi pada dua golongan, yaitu: kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

            Kebutuhan jasmani atau fisik adalah kebutuhan yang terkait pada fisik manusia. Contohnya, pakaian, makanan, minuman, kendaraan, dan obat-obatan.

            Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang terkait dengan kejiwaan seseorang, misalnya, kebutuhan nasihat, motivasi, kenyamanan, rekreasi, keahlian, dan keterampilan.

 

            Demikian jenis-jenis kebutuhan yang dapat digolongkan sesuai dengan intensitas, subjek, waktu, dan sifatnya.

            Sampurasun

 

Sumber Pustaka:

Novasari, Yunita; Jawangga, Yan Hanif; Setiadi, Inung Oni; Hastyorini, Irim Rismi (editor); Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X Semester I: Peminatan Ilmu-ilmu Sosial, PT Penerbit Intan Pariwara

 

S., Alam, 2013, Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment