Tuesday 15 September 2020

Jenis Kelompok Sosial Berdasarkan Derajat Organisasi dan Kesadaran terhadap Jenis yang Sama

 


oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Soerjono Soekanto mengklasifikasikan jenis kelompok berdasarkan enam hal, yaitu: besar kecilnya jumlah anggota; derajat interaksi sosial; kepentingan dan wilayah; derajat organisasi; kesadaran terhadap jenis yang sama; hubungan sosial dan tujuan. Pada tulisan kali ini dikemukakan dua jenis kelompok tersebut.

 

Berdasarkan Derajat Organisasi

Dipandang dari derajat organisasi, kelompok sosial dapat berupa organisasi yang tertib, tertata, dan terorganisasi dengan sangat baik, agak baik, tidak baik, bahkan sama sekali tida terorganisasi. Organisasi yang sangat tertata misalnya negara. Adapun yang tidak terorganisasi contohnya kerumunan orang.

 

Berdasarkan Kesadaran terhadap Jenis yang Sama

Kesadaran terhadap jenis yang sama dapat dilihat dari kedekatan mereka terhadap kelompoknya. Setiap kelompok memiliki hal yang disebut in-group (kelompok dalam). Mereka adalah orang-orang yang berada di dalam kelompoknya sehingga memiliki kata yang sama, yaitu “kami”. Adapun orang-orang yang berada di luar kelompok mereka atau kelompok lain disebut dengan “mereka”.

            Di samping itu, ada pula kelompok yang disebut  out-group. Kelompok ini adalah kelompok yang berada di luar kelompok in-group.

            In-group mengatakan bahwa dirinya beserta kelompoknya adalah “kami”. Adapun yang berada di luar mereka (out-group) disebut “mereka”.

            Baik in-group maupun out-group selalu ada di dalam kehidupan masyarakat. Perasaan-perasaan seperti ini tidak terlalu banyak terlihat pada kehidupan masyarakat yang sederhana, tetapi akan tampak banyak pada kehidupan masyarakat yang lebih kompleks, modern, perkotaan.

            Sampurasun.

 

Sumber Pustaka:

Wijayanti, Fitria; Rahmawati, Farida; Irawan, Hanif; Sosiologi: untuk SMA/MA Kelas XI Semester 1: Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial

 

Maryati, Kun; Suryawati, Juju; 2014, Sosiologi: untuk SMA dan MA Kelas XI Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment