Monday 28 September 2020

Jenis Kelompok Sosial Berdasarkan Hubungan Sosial dan Tujuan

 


oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Jika dilihat dari hubungan sosial dan tujuan, kelompok sosial dapat terdiri atas kelompok primer dan kelompok sekunder.

 

1. Kelompok Primer (Primary Group)

Kelompok primer adalah kelompok yang saling mengenal di antara anggotanya, kerja sama yang terjadi bersifat pribadi. Contoh kelompok primer adalah keluarga, teman sepermainan, kelompok persahabatan, dan kehidupan di rukun tetangga.

            Syarat-syarat kelompok primer adalah anggotanya secara fisik saling berdekatan dan terdapat interaksi yang intensif, kelompoknya kecil sehingga mudah untuk berinteraksi langsung, serta hubungannya langsung antaranggota serta biasanya ada hubungan darah, kekerabatan, dan persahabatan.

            Di dalam kehidupan masyarakat Indonesia, kelompok primer tecermin dalam paguyuban. Paguyuban merupakan bentuk kehidupan bersama yang anggotanya memiliki hubungan batin yang kuat, alamiah, dan kekal. Kehidupan ini terutama mudah terlihat di pedesaan.

            Ciri-ciri paguyuban menurut Tonnies adalah intim, hubungan menyeluruh dan mesra; privat, hubungan yang bersifat pribadi untuk kalangan tertentu; ekslusif, hubungan yang hanya untuk kelompoknya dan bukan untuk orang luar.

            Paguyuban dapat dibedakan dalam tiga tipe, yaitu:

            Pertama, paguyuban karena ikatan darah atau keturunan, semisal keluarga.

            Kedua, paguyuban karena tempat tinggal yang berdekatan semisal rukun tetangga atau arisan.

            Ketiga, paguyuban karena jiwa dan pikiran yang sama sehingga memiliki ideologi yang sama.

 

2.         Kelompok Sekunder (Secondary Group)

Kelompok ini berukuran besar dan tidak selalu harus memiliki hubungan batin yang kuat dan tidak saling mengenal secara akrab. Mereka berkumpul karena kepentingan yang sama. Sifatnya tidak langgeng dan rawan konflik karena mereka diikat oleh hubungan kontrak atau bisnis yang temporer.

            Dalam kehidupan di Indonesia, kelompok ini tecermin dalam kehidupan patembayan. Kelompok ini strukturnya bersifat mekanis dan setiap anggota memiliki fungsi dan kegunaan tertentu berdasarkan perjanjian tertentu pula. Contoh patembayan adalah hubungan dalam dunia industri dan organisasi sosial-politik.

           

            Demikian jenis kelompok sosial jika dilihat dari hubungan sosial dan tujuan.

            Sampurasun.

 

Sumber Pustaka:

Wijayanti, Fitria; Rahmawati, Farida; Irawan, Hanif; Sosiologi: untuk SMA/MA Kelas XI Semester 1: Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial

Maryati, Kun; Suryawati, Juju; 2014, Sosiologi: untuk SMA dan MA Kelas XI Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment