Tuesday 22 September 2020

Kontak Sosial

 

oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Salah satu syarat terjadinya interaksi sosial adalah adanya kontak sosial dan komunikasi (Soerjono Soekanto dalam Kun Maryati dan Juju Suryawati : 2013). Berikut dijelaskan tentang kontak sosial.

            Kata “kontak” berasal dari bahasa Latin, yaitu cum yang artinya bersama-sama dan tangere yang berarti menyentuh. Kontak berarti menyentuh bersama-sama. Kata sentuhan tidak selalu harus bersifat fisik, bisa juga dengan cara nonfisik. Untuk melakukan kontak tidak selalu harus terjadi sentuhan secara fisik, tetapi dapat pula melalui telepon, laptop, media sosial, dan lain sebagainya.

            Dilihat dari sifatnya kontak sosial dapat terbagi dua, yaitu kontak sosial positif atau negatif dan kontak sosial primer atau sekunder.

 

            Kontak sosial dapat bersifat positif atau negatif. Kontak sosial positif mengarah pada kebersamaan, persaudaraan, persatuan, kerja sama, gotong royong, tolong menolong, dan lain sebagainya yang bersifat positif. Adapun kontak sosial negatif adalah  yang mengarah pada perselisihan, pertengkaran, konflik, perkelahian, perang, atau hal-hal negatif lainnya.

            Kontak sosial dapat bersifat primer atau sekunder. Kontak sosial primer adalah kontak sosial yang berlangsung secara tatap muka. Misalnya, antara anak dan orangtua, murid dengan guru, dosen dan mahasiswa, penjual dan pembeli di pasar, serta polisi dan penjahat yang ditangkap.

            Kontak sosial sekunder adalah adalah kontak yang terjadi dengan menggunakan perantara, misalnya, melalui telepon, media sosial, melalui surat undangan atau surat pemberitahuan.

            Demikian penjelasan tentang kontak sosial.

            Sampurasun

 

Sumber Pustaka

Irawan, Hanif; Rahmawati, Farida; Febriyanto, Alfian; Muhammad Kusumantoro, Sri, Sosiologi: Untuk SMA/MA Kelas X Semester 1

 

Maryati, Kun; Suryawati, Juju, 2013, Sosiologi: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial; untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment