Wednesday 9 September 2020

Komponen Pendapatan Nasional

 

oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Berikut ini dipaparkan komponen-komponen pendapatan nasional atas dasar pendekatan pendapatan, pendekatan produksi, dan pendekatan pengeluaran. Komponen-komponen yang ditulis dalam tulisan ini berasal dari buku Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial yang disusun Alam S. (2016) dan diterbitkan Penerbit Erlangga: Jakarta.

            Komponen pendapatan nasional atas dasar pendekatan pendapatan adalah kompensasi untuk pekerja (compensation for employer), keuntungan perusahaan (corporate profits), pendapatan usaha perorangan (sole proprietor’s income), pendapatan sewa (rental income of person), dan bunga neto (net interest).

            Komponen pendapatan nasional atas dasar pendekatan produksi adalah pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan; pertambangan dan penggalian; industri pengolahan; listrik, gas, dan air bersih; bangunan atau konstruksi; perdagangan, hotel, dan restoran; pengangkutan dan komunikasi; keuangan, real estate, dan jasa perusahaan; jasa-jasa lain.

            Komponen pendapatan nasional atas dasar pendekatan pengeluaran adalah pengeluaran konsumsi rumah tangga; pengeluaran investasi; tabungan; pengeluaran pemerintah untuk barang dan jasa; ekspor neto.

            Untuk metode perhitungan pendapatan nasional atas dasar komponen-komponen tadi, dijelaskan dalam tulisan lain.

            Sampurasun

 

Sumber Pustaka:

Hastyorini, Irim Rismi; Novasari, Yunita; Sari, Kartika; Jawangga, Yan Hanif (editor), Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XI Semester I: Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial, PT Penerbit Intan Pariwara

 

S., Alam, 2016, Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment