Friday 4 February 2022

Tiga Jenderal Bodor

 


oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Rasanya banyak pelawak yang tidak sadar bahwa dirinya sedang melawak. Mereka anggap dirinya serius, tetapi jika dilihat, bikin pengen ketawa. Ada tiga orang yang mengaku Jenderal Negara Islam Indonesia (NII) di Pasirwangi, Garut yang menyerukan pada seluruh rakyat Indonesia dan seluruh dunia tentang keberadaan mereka, keyakinan mereka, dan rencana mereka. Ketiga jenderal itu bernama Sodikin, Jajang, dan Ujer.


Tiga Jenderal NII (Foto: Editor.Id)


            Saya tidak ingin mengomentari isi seruannya itu. Hal yang bikin saya tidak habis mengerti adalah mereka telah memviralkan sendiri video mereka di media sosial Youtube. Ini yang bikin saya ketawa. Kan sudah jelas NII itu dilarang dan kalau bergerak, termasuk dalam gerakan makar. Dengan percaya dirinya mereka akting di depan kamera bikin video dengan cara bicara yang juga lucu dan wajah tanpa dosa mengajak orang sedunia untuk menegakkan NII.

            Seharusnya, jangan memperlihatkan diri seperti itu supaya tidak mudah ditangkap. Kan kalau diviralkan di Youtube, semua aparat penegak hukum mudah sekali melihatnya dan menangkapnya. Memang akhirnya polisi mudah sekali menangkapnya, kemudian polisi bikin lagi video yang isinya para jenderal bodor itu meminta maaf kepada rakyat Indonesia.


Tiga Jederal Ditangkap (Foto: Okezone News)


            Balik lagi, saya tidak tahu apakah mereka ada yang menyuruh sehingga mempermalukan dirinya sendiri atau memang mereka mengambil inisiatif sendiri bikin video dan mengaku sebagai jenderal NII.

            Kelihatan mereka itu tidak berpikir panjang sebelum melakukan itu. Tidak dipikir apa akibatnya terhadap diri mereka sendiri.

            Sudahlah, saya hanya ingin berkata kepada mereka, “Berpikir itu berat Jenderal, biar aku saja.”

            Sampurasun.

No comments:

Post a Comment