Saturday 28 January 2023

Assalaamualaikum, A Eril

 

oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya




Baru juga saya sampai ke rumah dari tempat kerja, istri saya mengajak ngobrol, “Pah, tadi Mamah ke makam Eril.”

        “Sama siapa?” tanya saya.

        “Sama teman-teman.”

        Eril yang istri saya maksud adalah Emmeril Kahn Mumtadz (alm), putera Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

        “Mau ngapain ke makam Eril?”

        “Mendoakan Eril.”

        “Banyak yang datang ke makam Eril?”

        “Banyak, tadi juga ada rombongan yang datang dari Jakarta.”

        “Oh, iya?”

        “Iya, tapi tadi kebetulan hujan gerimis, jadi baru cuma Mamah sama teman-teman yang mendekat ke makam Eril,” jelas istri saya, “Lihat geura Pah, makamnya bersih, tenang, dan penjaganya baik, sopan lagi, ramah.”

        Ketika mendekat ke makam, istri saya menyapa, “Assalaamualaikum, A Eril.”

        Setelah itu, mereka berdoa bersama di samping makam.









        Mendengar ceritera istri, saya teringat penuturan Ridwan Kamil yang masih bingung sampai hari tentang anaknya, Eril (alm).  Ridwan Kamil menjelaskan bahwa selalu ada ribuan orang yang datang ke makam Eril, entah kenapa. Dia tidak seluruhnya tahu apa saja yang dilakukan Eril selama hidupnya. Sering ada orang yang memberinya hadiah karena mereka mengenal Eril.


Emmeril Kahn Mumtadz (Foto: CNN Indonesia)


        Pernah ada tukang ojek yang memberi Ridwan Kamil lukisan. Tukang ojek itu berceritera bahwa dulu ketika motornya mogok ada seorang anak muda yang mendorong motornya sampai ke pom bensin. Anak muda itu bukan hanya mendorong motornya, melainkan pula mengisi bensin motornya hingga penuh. Uangnya berasal dari anak muda itu. Tukang ojek itu tidak tahu siapa anak muda itu. Setelah Eril meninggal dan fotonya ada di mana-mana, tukang ojek itu baru tahu bahwa anak muda yang menolongnya itu Eril, anak Gubernur Jawa Barat.

        Itu baru satu ceritera. Masih banyak kisah lain tentang kebaikan Eril. Tak heran jika sampai hari ini makamnya tidak pernah sepi dari doa.


Eril bersama ayahnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Isu Bogor - Pikiran Rakyat)

        Emmeril Kahn Mumtadz, lahir di New York, Amerika Serikat; wafat di Bern, Swiss; dimakamkan di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

        Foto Eril saya dapatkan dari CNN Indonesia, sedangkan yang bersama ayahnya, Ridwan Kamil, saya dapatkan dari Isu Bogor – Pikiran Rakyat.

            Sampurasun.

No comments:

Post a Comment