Tuesday 10 November 2020

Hubungan Antarkelompok dalam Dimensi Sejarah

 

oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Hubungan antarkelompok dilihat dalam dimensi sejarah terkait dengan timbulnya stratifikasi di dalam masyarakat. Stratifikasi tersebut meliputi stratifikasi etnik, jenis kelamin, dan usia.

            Menurut Noel dalam Kun Maryati dan Juju Suryawati (2014), stratifikasi etnik terbentuk jika memenuhi tiga syarat, yaitu etnosentrisme, persaingan, dan perbedaan kekuasaan. Contohnya, hal ini terjadi di Afrika Selatan semasa kuatnya politik apartheid. Hubungan yang terjadi adalah perbudakan disebabkan adanya rasa etnosentrisme atau perasaan lebih tinggi dari bangsa kulit putih terhadap kulit hitam. Perbudakan ini pun terjadi karena adanya persaingan ekonomi di antara mereka. Selain itu, kekuasaan kulit putih lebih besar dibandingkan kulit hitam.

            Stratifikasi usia terjadi ketika seseorang memiliki usia yang mulai tumbuh hingga dewasa dengan kematangan yang tinggi, bahkan mampu mengatur hidup orang lain. Semakin bertambah angka usia, kemampuan pun menurun. Hal ini mengakibatkan para orang yang sudah berusia lanjut bergantung hidup pada orang-orang yang lebih muda.

            Stratifikasi jenis kelamin masih tampak jelas dalam dunia industri. Pembagian kerja antara laki-laki dan perempuan belum jelas pada awalnya. Laki-laki lebih diistimewakan dibandingkan perempuan. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, pembagian kerja antara laki-laki dan perempuan semakin jelas. Dengan demikian, pekerjaan dapat disesuaikan dan diperinci sesuai dengan yang diharapkan perusahaan.

            Demikian hubungan antarkelompok jika dilihat dalam dimensi sejarah.

            Sampurasun.

 

Sumber Pustaka:

Wijayanti, Fitria; Rahmawati, Farida; Irawan, Hanif; Sosiologi: untuk SMA/MA Kelas XI Semester 1: Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial

Maryati, Kun; Suryawati, Juju; 2014, Sosiologi: untuk SMA dan MA Kelas XI Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment