Tuesday 17 November 2020

Perencanaan Pembangunan Ekonomi

 


oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Banyak ahli yang menerangkan pemahaman tentang perencanaan pembangunan ekonomi.  Lionel Robbins menjelaskan bahwa perencanaan pembangunan ekonomi adalah kontrol atau penekanan bersama atas kegiatan produksi dan tukar-menukar pribadi. Adapun F.A. Hayek menjelaskan bahwa perencanaan pembangunan ekonomi adalah arah aktivitas produksi oleh sebuah otoritas sentral. Artinya, ada kekuasaan yang merencanakan pembangunan ekonomi, biasanya disebut pemerintah. Hugh Dalton mengemukakan pendapatnya bahwa perencanaan pembangunan ekonomi adalah arah tujuan yang sengaja ditentukan oleh orang-orang yang bertanggung jawab atas sumber daya kegiatan ekonomi.

            Meskipun terdapat berbagai pandangan, para ahli tetap sependapat bahwa perencanaan pembangunan ekonomi mengandung arti pengendalian dan pengaturan perekonomian dengan sengaja oleh suatu penguasa pusat untuk mencapai suatu sasaran dan tujuan tertentu dalam jangka tertentu pula (Pasaribu : 2013 dalam Alam S. : 2016).

            Dari berbagai pendapat tersebut, kita dapat memahami bahwa untuk keberhasilan suatu perencanaan, pembangunan ekonomi, haruslah memiliki target atau pencapaian tujuan yang harus dicapai. Contohnya, sebuah negara ingin terbebas dari kemiskinan, maka harus direncanakan berbagai program, seperti, pendidikan, pelatihan, ketersediaan lapangan kerja, distribusi barang dan jasa dengan baik, serta tersedianya willayah bagi pemasaran.

            Demikian pengertian perencanaan pembangunan ekonomi.

            Sampurasun

 

Sumber Pustaka:

Hastyorini, Irim Rismi; Novasari, Yunita; Sari, Kartika; Jawangga, Yan Hanif (editor), Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XI Semester I: Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial, PT Penerbit Intan Pariwara

S., Alam, 2016, Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment