Saturday 21 November 2020

Teori Modernisasi

 


oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Dalam hal perubahan-perubahan sosial, Kun Maryati dan Juju Suryawati (2013) mengetengahkan teori modernisasi. Dalam pembahasan mereka, teori modernisasi melihat bahwa perubahan negara-negara terbelakang akan mengikuti jalan yang sama dengan negara industri di barat. Cara tersebut adalah melalui proses modernisasi sehingga negara terbelakang menjadi negara berkembang. Teori ini melihat bahwa negara terbelakang memiliki banyak kekurangan sehingga harus menanggulangi kekurangan yang dimiliki untuk mencapai tahap tinggal landas (take off).

            Eva Etzioni-Halevy dan Amitai Etzoni dalam Kun Maryati dan Juju Suryawati (2013) melihat bahwa dalam masa perubahan atau transisi, sebuah negara akan mengalami revolusi demografi dengan ciri-ciri sebagai berikut: menurunnya angka kematian dan kelahiran; menurunnya ukuran dan pengaruh keluarga; terbukanya sistem stratifikasi; peralihan dari struktur feodal ke suatu birokrasi; menurunnya pengaruh agama; beralihnya fungsi pendidikan dari keluarga dan komunitas ke dalam sistem pendidikan formal; munculnya kebudayaan massa; munculnya perekonomian pasar dan industrialisasi.

            Adapun menurut Davis Lerner, modernisasi diperlukan dalam proses perubahan sosial sehingga negara yang kurang berkembang perlu meminjam dan menerapkan karakteristik dari negara yang sudah maju untuk berubah menjadi negara berkembang ataupun mencapai tahap sebagai negara maju. Selain itu, menurut Huntington dalam tulisannya, “The Change to Change: Modernization, Development, and Politics, dinyatakan bahwa modernisasi mempunyai ciri-ciri prosesnya bertahap, prosesnya homogenisasi, wujudnya berupa proses eropanisasi, amerikanisasi, ataupun westernisasi, jalannya selalu bergerak maju dan tidak pernah mundur, progresif, serta waktunya panjang.

            Demikian penjelasan Kun Maryati dan Juju Suryawati (2013) mengenai teori modernisasi.

            Sampurasun

 

 

Sumber Pustaka

Maryati, Kun; Suryawati, Juju, 2013, Sosiologi untuk SMA dan MA Kelas XII Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

Wijayanti, Fitria; Kusumantoro, Sri Muhammad; Irawan, Hanif, Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XII: Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial

No comments:

Post a Comment