Monday 23 November 2020

Kegunaan Barang

 

oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Manusia dalam memenuhi kebutuhannya kerap membutuhkan barang. Barang-barang tersebut memiliki kegunaan berdasarkan hal-hal tertentu.

 

1.         Kegunaan Bentuk (Form Utility)

Kegunaan bentuk suatu barang adalah kegunaan atau manfaat dari suatu barang jika barang tersebut telah diubah bentuknya. Misalnya, papan, paku, cat, dan pelitur diubah bentuknya menjadi meja, kursi, bangku, dan perabotan lainnya. Dengan diubah bentuknya, barang tersebut akan memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk awalnya.

 

2.         Kegunaan Tempat (Place Utility)

Kegunaan tempat adalah kegunaan atau manfaat yang didapat ketika barang tersebut dipindahkan tempatnya. Contohnya, pasir, batu, granit, oli, dan kapur akan memiliki nilai yang lebih tinggi jika dipindahkan tempatnya ke perkotaan di lokasi pembangunan gedung untuk dijadikan bahan-bahan pembangunan gedung.

 

3.         Kegunaan Waktu (Time Utility)

Kegunaan waktu adalah adalah kegunaan atau manfaat suatu barang jika digunakan ketika waktunya telah tepat. Misalnya, tabungan atau asuransi pendidikan akan sangat berguna digunakan ketika tiba masanya membayar pendidikan. Contoh lain adalah sepasang suami istri telah membeli perlengakapan bayi sebelum bayi lahir. Berbagai perlengkapan dan pakaian itu akan terasa kegunaannya ketika bayi sudah lahir.

 

4.         Kegunaan Milik (Ownership Utility)

Kegunaan milik adalah kegunaan atau manfaat suatu barang jika telah dimiliki. Misalnya, laptop, Hp, komputer, dan pakaian yang ada di toko akan berguna jika telah dibayar dan telah dimiliki. Tanpa dimiliki barang-barang itu tidak akan ada gunanya.

 

            Demikian penjelasan dari kegunaan barang.

            Sampurasun.


Sumber Pustaka

Novasari, Yunita; Jawangga, Yan Hanif; Setiadi, Inung Oni; Hastyorini, Irim Rismi (editor); Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X Semester I: Peminatan Ilmu-ilmu Sosial, PT Penerbit Intan Pariwara

 

S., Alam, 2013, Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment