Monday 23 November 2020

Syarat Keberhasilan Perencanaan

 


oleh Tom Finaldin

 

Bandung, Putera Sang Surya

Perencanaan pembangunan untuk mencapai berbagai sasaran, tentunya diperlukan berbagai syarat pula. Berikut  syarat-syarat keberhasilan dalam suatu perencanaan menurut  Alam S. (2016):

            Pertama, adanya badan perencanaan. Badan ini mutlak diperlukan dan bertugas secara periodik membuat laporan kemajuan dan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan perencanaan.

            Kedua, adanya data statistik. Data statistik sangatlah diperlukan untuk diolah sebagai bahan dasar evaluasi perencanaan. Melalui data statistik ini, dapat diketahui apakah perencanaan masih berjalan dalam proses yang diharapkan atau malah berubah haluan dan berbelok dari awalnya.

            Ketiga, adanya mobilisasi sumber daya. Sumber daya yang digunakan untuk perencanaan perlu dimobilisasi dengan baik. Sebaiknya, sumber daya yang digunakan pertama kali adalah sumber daya yang berasal dari dalam negeri, misalnya, anggaran atau tabungan pemerintah. Apabila masih dirasakan kurang, pemerintah dapat menggunakan sumber daya yang berasal dari luar negeri.

            Keempat, memiliki tujuan. Tujuan haruslah ada dalam perencanaan pembangunan ekonomi. Hal ini bisa berupa target yang ingin dicapai. Tujuan dapat dibagi-bagi ke dalam tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

            Kelima, adanya penetapan sasaran dan prioritas. Sasaran secara makro dan proritas pembangunan harus dirumuskan dengan sangat jelas agar setiap tahapan dalam pembangunan dapat dilaksanakan secara tepat.

            Keenam, keseimbangan. Perencanaan yang baik haruslah memperhatikan keseimbangan dalam perekonomian. Hal itu seperti keseimbangan antara tabungan dan investasi, permintaan dan penawaran, termasuk di dalamnya kebutuhan tenaga kerja.

            Demikian syarat-syarat yang diperlukan dalam keberhasilan suatu perencanaan.

            Sampurasun

 

Sumber Pustaka:

Hastyorini, Irim Rismi; Novasari, Yunita; Sari, Kartika; Jawangga, Yan Hanif (editor), Ekonomi untuk SMA/MA Kelas XI Semester I: Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial, PT Penerbit Intan Pariwara

S., Alam, 2016, Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI Kurikulum 2013: Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, Penerbit Erlangga: Jakarta

No comments:

Post a Comment